Sosok Asep Saepudin Jahar Rektor baru UIN Jakarta

JAKARTA, PELUANG USAHA TERBARU OLEH SETIAWAN ICHLAS – Yaqut Cholil Qoumas selaku Menteri Agama (Menag), menugaskan Asep Saepudin Jahar Rektor baru di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta periode 2023-2027. Pada Rabu (1 Maret 2023) Asep secara resmi telah dilantik seagai Rektor UIN Jakarta di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat.

Informasi tersebut turut dibagikan oleh web resmi UIN Jakarta. Juanda Naim selaku Kepala Biro Administrasi Umum dan Kepegawaian UIN Jakarta yang turut menghadiri proses pelantikan tersebut mengatakan, pelantikan rector baru UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

“Alhamdulillah, hari ini Rabu tanggal 1 Maret 2023 tadi ada pelantikan Rektor UIN Jakarta yang baru, yaitu bapak Profesor Asep Jahar,” katanya.

Proses pelantikan Asep Saepudin Jahar sebagai Rektor UIN Jakarta tersebut, juga turut dihadiri oleh Nizar selaku Sekretaris Jenderal Kemenag dan Muhammad Ali Ramdhani selaku Dirjen Pendidikan Islam.

Profil Asep Saepudin Jahar (Rektor UIN Jakarta Baru)

Prof. Asep Saepudin Jahar, M.A., Ph.D. atau Asep Saepudin Jahar UIN Jakarta adalah salah satu Guru Besar yang masuk dalam deretan daftar calon Rektor UIN Jakarta untuk periode 2023-2027.

Asep pernah menjabat sebagai Direktur Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta periode 2019-2023, sebelum dirinya resmi menjadi Rektor UIN Jakarta, dirinya juga pernah menjabat sebagai Ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM), Dekan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) serta sempat menjadi Kepala Pusat Layanan Humas dan Bantuan Hukum LP2M UIN Jakarta.

Asep menempuh pendidikannya yang di mulai dari S1 di IAIN Jakarta dengan Jurusan Perbandingan Mazhab Fakultas Syariah pada tahun 1995, lalu dirinya menempuh gelar magister atau S2-nya di McGill University, Montreal, Kanada di bidang Islamic Studies-Hukum Islam pada tahun 1999.

Ia juga menadapatkan gelar S3-nya dengan menempuh pendidikan bidang Bahasa Arab dan Filologi pada tahun 2005 di Leipzig University, Jerman. Sebelum masuk perguruan tinggi, Asep adalah salah satu lulusan dari Pondok Modern Gontor dan sempat menempuh Sekolah Dasar di SD Negeri 1 Menes serta menempuh pendidikan SMP di SMP Negeri 1 Menes, Pandeglang, Banten.

Baca artikel lebih banyak penulis Setiawan Ichlas

Related posts

Arti Istilah Stunting Pada Anak dan Cara Cegah Stunting

Cara Kelola File WhatsApp Setiawan Ichlas

PMK (Penyakit Mulut Serta Kuku) menurut Iwan Bomba