Sambal Pecel Blitar Akan Diburu Pasca Lebaran

BLITAR, PELUANG USAHA TERBARU OLEH SETIAWAN ICHLAS – Hari raya Idul Fitri beberapa hari lagi dan sambal pecel khas Blitar adalah salah satu oleh-oleh yang menarik para pelancong. Itulah sebabnya banyak wisatawan yang sering membelinya sebagai oleh-oleh. Kebanyakan penikmatnya adalah wisatawan luar kota. sambal pecel adalah sejenis saus sambal yang terbuat dari campuran kacang tanah, cabe dan bumbu lainnya. Biasanya pedas dan enak. Tak heran jika wisatawan menyukai oleh-oleh tersebut .

Sambel Pecel Blitar terbuat dari bahan – bahan pilihan dan rempah – rempah segar, sehingga rasanya terjamin nikmat dan istimewa. Sambel pecel Blitar mampu bertahan selama satu tahun dan tanpa bahan pengawet.

Pemilik stan Ibu Hj. Suyati sambal pecel kota Karangsari Blitar, Hj.Siti Mukayana, mengatakan banyak wisatawan yang singgah untuk membeli sambal buatannya. Pelanggan kebanyakan dari luar kota. Termasuk Jakarta hingga Surabaya.

“Alhamdulillah pembelinya cukup banyak. Kebanyakan untuk oleh-oleh karena pembelinya rata-rata wisatawan dari luar kota,” ujarnya, Sabtu (5/7/2022).

Menurut Mukayanah, pelanggan sering membeli Chilipecel dalam jumlah besar. Langsung ke kios atau pre-order.

“Biasanya, pelancong membeli banyak untuk keluarga. Ketajaman juga tergantung pembeli. Kita buat yang ekstra pedas, itulah sebabnya tidak pedas sama sekali,” imbuhnya.

Untuk rasa juga ada beberapa macam, mulai super pedas, pedas, sedang dan tidak pedas.

“Kami juga menjual bumbu gado-gado,” ujarnya.

Proses pembuatannya juga sederhana. Untuk bumbu, yaitu, kacang, cabai, gula jawa, kencur, daun jeruk, bawang dan asam.

Proses pembuatannya, bumbu digiling lebih dulu terpisah dengan kacang.

Setelah itu, bumbu yang sudah tergiling dan kacang yang sudah tersangrai serta terkupas kulit arinya dalam satu wadah dan giling ulang.

Sementara itu, pelancong Kabupaten Blitar mencari oleh-oleh tersebut karena laris manis. Demikian disampaikan Suhermin, pemilik toko oleh-oleh khas Blitar. Menurutnya, banyak wisatawan dari luar daerah yang mencari sambal pecel.

Harga Sambel Pecel Bervariasi

“Harga sambal sesuai ukuran kemasan. Mulai dari Rp13.000 untuk paket kecil, paket menengah harganya sekitar Rp25.000 hingga Rp30.000,” ujarnya.

Makan sambal pecel biasanya dengan nasi panas dengan sayuran rebus. Selain itu menikmati saus peterseli juga bisa dengan kerupuk, tahu goreng, tempe, mendoan, mendol, dll.

Baca artikel Setiawan Ichlas lebih banyak disini

Related posts

Manekin MAMBA: Inovasi Edukasi Anak dan Lingkungan dari Kayu Jati

Tips Membuka Usaha Toko Kue yang Sukses

5 Tips Membuka Usaha Bengkel yang Sukses