Setiawan Ichlas: 4 Warung Makan Pecel Pitik di Banyuwangi

Kali ini Setiawan Ichlas akan mencoba makanan khas Banyuwangi lainnya, apalagi kalau bukan Pecel Pitik. Pecel pitik merupakan masakan tradisional khas Kabupaten Banyuwangi. Pecel Pitik biasanya disajikan hanya pada acara-acara sakral seperti upacara bersih desa atau selametan desa di kalangan masyarakat Suku Using. Makanan ini biasanya tidak dijual, melainkan hanya disiapkan saat pagelaran selametan desa.

Di samping perkembangan kawasan pariwisata, terdapat beberapa warung atau rumah makan yang menwarkan menu Pecel Pitik. Bahan masakan ini terbuat dari ayam kampung, parutan kelapa muda dan aneka rempah.

Ayam kampung diolah terlebih dahulu dengan cara dipanggang, kemudian diolah dengan berbagai bumbu seperti kemiri, cabai rawit, terasi, jeruk dan gula serta dicampur dengan parutan kelapa muda. Ayam kampung yang telag dibakar, kemudian di suwir-suwir dan dicampur dengan bumbu parutan kelapa.

Berikut rekomendasi Setiawan Ichlas tentang beberapa warung makan yang menyediakan Pecel Pitik.

Srengenge Wetan

Restoran ini terletak di Jl Panglima Besar Sudirman No. 175, Singonegaran, Kecamatan Banyuwangi, buka mulai pukul 08:00 hingga 21:00 WIB, Rabu 08:00 – 21:00.

Hanya dengan Rp 30.000 Anda sudah bisa menikmati masakan pecel pitik dalam suasana resto yang menyenangkan. Restoran ini memiliki 2 lantai dengan ruangan ber-AC dan ruangan bebeas merokok. Menurut Setiawan Ichlas resto Srengenge Wetan sangat cocok bagi anda yang tinggal di kota Banyuwangi dan ingin makan bersama kerabat atau keluarga.

Selain pecel pitik, Srengenge Wetan memiliki banyak menu andalan lainnya seperti ayam betutu, nasi tempong, rujak soto dan sate lilit.

Warung Pecel Pitik

Warung Pecel Pitik adalah tempat yang harus dikunjungi jika ingin belajar dan menikmati kuliner. Warung ini dikelola oleh warga Dusun Krajan, Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Kemiren yang menyiapkan menu kuliner pecel pitik untuk selametan atau tradisi bersih desa.

Sembari makan pecel pecel, Anda bisa bertanya langsung seputar memasak kepada warga Kemiren. Ada beberapa tradisi di Kemiren yang selalu mempersembahkan pecel pitik seperti Ider Bumi, Tumpeng Sewu dan selametan untuk leluhur desa.

Pada hari biasa, Anda bisa menikmati kuliner pecel pitik di warung ini dengan harga Rp 25.000 saja Anda bisa menikmati racikan ayam kampung yang mantap dan legendaris ini.

Pesantongan Kemangi Pecel Pitik

Ada juga warung makan Pecel Pitik di Dusun Krajan, Desa Kemiren yang bernama Pesantongan Kemangi Pecel Pitik. Warung makan ini buka mulai pukul 10:00 hingga 22:00 WIB. Selain menyediakan pecel pitik, warung ini juga menjual berbagai kuliner khas Suku Using seperti uyah asem, jajanan kucur, serabi, tape ketan serta klemben.

Satu porsinya dijual dengan harga Rp 20.000.

Kedung Lumpang Resto

Rekomendasi Setiawan Ichlas selanjutnya adalah Resto Kedung Lumpang. Salah satu tempat makan yang sering dikunjungi putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep. Warung makan ini juga menawarkan konsep pemandangan alam, seperti sungai dan pegunungan di dataran tinggi. Kedung Lumpang Resto terletak di Jl. Raya Lijen, Dusun Krajan, Kenjo, Kecamatan Glagah.

Selain arsitektur beberapa rumah Suku Using, Anda bisa makan di tempat-tempat di jalur menuju sungai. Kuliner pecel pitik bisa dinikmati hingga Rp 25.000/porsi. Buka mulai jam 8:00 pagi hingga pukul 17:00 WIB, selain pecel pitik juga menawarkan hidangan andalan lain seperti belut pedas, bebek goreng, dan gurameh goreng.

Diatas merupakan 4 rekomendasi tempat makan pecel pitik Banyuwangi menurut Setiawan Ichlas. Apakah Anda siap merasakan nikmatnya pecel pitik Banyuwangi di deretan tempat makan diatas?

Related posts

Setiawan Ichlas : Tempat Makan Sego Cawuk di Banyuwangi

Setiawan Ichlas: Rekomendasi Nasi Tempong Banyuwangi

Setiawan Ichlas: Rekomendasi Makanan Khas Boyolali