Setiawan Ichlas: Rekomendasi Makanan Khas Boyolali

Sedikit bergeser, kini Setiawan Ichlas berada di Boyolali. Tahukah Anda bahwa Boyolali merupakan daerah penghasil susu di Indonesia? Kalau tidak percaya, coba cari kata-kata dalam lagu tentang enaknya susu Boyolali. Tidak hanya susu yang terkenal di Boyolali, namun juga berbagai kuliner khasnya. Ada banyak kuliner lezat yang menurut Setiawan Ichlas wajib di coba di kota Susu ini.

Berikut adalah rekomendasi makanan khas yang wajib Anda coba saat berada di Boyolali.

Jenang Pecel

Rekomendasi Pertama Setiawan Ichlas adalah Jenang Pecel. Pecel Boyolali sangat unik karena memadukan dua makanan khas Indonesia. Hidangan ini memadukan bubur sumsum yang manis dengan pecel dengan isian beberapa sayuran rebus dan diguyur dengan bumbu kacang, apalagi jika di nikmati dengan kerupuk gendar. Rasanya enak, bisa menjadi solusi sarapan mengenyangkan.

Susu Segar

Dusun Kuncen merupakan salah satu desa yang terkenal dengan peternakan sapi perahnya. Susunya sangat segar, cocok untuk dikonsumsi saat berkunjung ke kota Boyolali. Rasanya bervariasi, ada coklat, green tea, mocha, strawberry dan masih banyak lagi.

Tahu Susu

Kota Susu bukan hanya julukan Boyolali. Karena di sini Anda dapat dengan mudah menemukan peternakan sapi dan pabrik susunya.

Tahu susu diperoleh dengan mengentalkan susu dengan rennet dan kemudian menghilangkan bagian cairnya. Peningkatan keasaman membuat protein susu lebih padat. Rasanya enak, creamy dan sangat lembut.

Nasi Tumpang

Tidak hanya Kediri yang punya Sambal Tumpang, tapi Boyolali juga. Sambal Tumpang atau Lethok Boyolali memiliki ciri khas tersendiri. Bahannya adalah Tempe semangit (hampir busuk), yang membuat aromanya enak.

Nasi Tumpang disajikan dengan urap sayuran dan topping sesuai selera. Pecinta masakan pedas seperti Setiawan Ichlas wajib coba!

Sate Kere

Selain Yogyakarta, Boyolali juga memiliki sate kere. Alasan utama populernya sajian kuliner ini tentu saja harganya yang murah. Harga per tusuknya hanya Rp 1000.

Sate kere biasanya terbuat dari Tempe gambus atau jeroan sapi lainnya. Bumbunya umumnya mirip dengan sate, menggunakan saus kacang atau kecap.

Abon Lele

Boyolali juga dianggap sebagai kota pemasok lele terbesar di Indonesia, selain dikenal sebagai kota Susu. Mereka mengolah Lele menjadi keripik dan abon. Abon Lele memiliki rasa yang enak, gurih, dan nikmat, apalagi jika dinikmati dengan nasi panas.

Dodol Susu

Terbuat dari tepung ketan dan gula pasir, jadi sekilas tidak ada bedanya dodol Boyolali dengan yang lain. Namun di sini ditambahkan susu sapi segar yang membuat teksturnya lebih lembut. Biasanya dodol ini menjadi buruan oleh-oleh para wisatawan.

Diatas merupakan makanan khas Boyolali yang wajib dicoba menurut Setiawan Ichlas. Jadi yang mana yang akan Anda coba saat berkunjung ke Boyolali?

Related posts

Setiawan Ichlas: 4 Warung Makan Pecel Pitik di Banyuwangi

Setiawan Ichlas : Tempat Makan Sego Cawuk di Banyuwangi

Setiawan Ichlas: Rekomendasi Nasi Tempong Banyuwangi